PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWAS KABUPATEN BADUNG, KABUPATEN TABANAN, KABUPATEN JEMBRANA, KABUPATEN BULELENG, KABUPATEN BANGLI, KABUPATEN KARANGASEM, KABUPATEN KLUNGKUNG, KABUPATEN GIANYAR, DAN KOTA DENPASAR

  • 10 Juni 2017
  • Dibaca: 266 Pengunjung

PENGUMUMAN
PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWAS KABUPATEN BADUNG, KABUPATEN TABANAN, KABUPATEN JEMBRANA, KABUPATEN BULELENG, KABUPATEN BANGLI, KABUPATEN KARANGASEM, KABUPATEN KLUNGKUNG, KABUPATEN GIANYAR, DAN KOTA DENPASAR
Nomor: 001/PENG/TIMSEL/VI/2017
 
Dalam rangka pembentukan Panwas Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Gianyar, dan Kota Denpasar dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 dan/atau pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2019, maka Tim Seleksi Calon Anggota Panwas Kabupaten/Kota berdasarkan SK Bawaslu Provinsi No 02-KEP/BAWASLU-BALI/2017 atas kewenangan yang diberikan oleh Undang – Undang Nomor 15 Tahun 2011  tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2012 sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Bawaslu Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan keempat atas Peraturan Badan Pemgawas Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pembentukan, Pemberhentian, dan Penggantian Antar Waktu Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Panitia Pengawas Pemilihan Kab/Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Pengawas Pemilihan Umum Lapangan dan Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri, membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwas Kabupaten/Kota se-Bali. 
Adapun ketentuan pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Persyaratan calon anggota Panwas Kab/Kota adalah sebagai berikut :
    a. Warga negara Indonesia;
    b. Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun;
    c. Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
    d. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;
    e. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu dan pengawasan Pemilu;
    f. Berpendidikan paling rendah S-1;
    g. Berdomisili di wilayah kabupaten/Kota yang bersangkutan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP dan Kartu Keluarga);
    h. mampu secara jasmani dan rohani. 
    i. Tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun pada saat mendaftarkan diri;
    j. Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah pada saat mendaftar sebagai calon;
    k. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; 
    l. bersedia bekerja penuh waktu; 
    m. bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih; dan
    n. tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu. 
 
2. Mengajukan surat pendaftaran yang ditunjukan kepada Tim Seleksi dengan dilampiri:
    a. Fotocopi  Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan pengganti KTP dan Kartu Keluarga(KK) yang masih berlaku; 
    b. Foto copy ijazah pendidikan terakhir yang sudah disahkan/dilegalisir oleh instansi yang berwenang;
    c. Pas foto warna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 5 (lima) lembar;
    d. Daftar Riwayat Hidup (DRH);
    e. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Rumah Sakit Pemerintah dan Surat Keterangan Sehat Rohani dari Rumah Sakit yang menyelenggarakan pemeriksaan Kejiwaan (Surat keterangan ini disampaikan pada saat tes wawancara);
    f. Surat pernyataan yang setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
    g. Surat pernyataan tidak pernah menjadi anggota partai politik;
    h. Surat Pernyataan tidak pernah menjadi Tim kampanye atau sebutan lainnya yang berkaitan dengan pemberian dukungan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 dan/atau Pemilu lainnya.
    i. Surat Keterangan dari pengurus partai politik bahwa yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terakhir bagi yang pernah menjadi pengurus partai politik;
    j. Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
    k. Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu;
    l. Surat pernyataan kesediaan untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih;
m. Surat pernyataan tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu. 
 
3. Pelamar dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon.
4. Formulir berkas administrasi calon Anggota Panwas Kab/Kota dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi calon anggota Panwas Kab/Kota dengan alamat : Jalan Cok Agung Tresna No.67, Niti Mandala Renon Denpasar atau melalui Website Bawaslu Provinsi Bali (www.bawaslu-baliprov.go.id) dan Website Bawaslu RI (www.bawaslu.go.id).
5. Dokumen pendaftaran dapat diantar langsung,  melalui pos,                      e-mail: bawaslu.baliprov@gmail.com, atau fax : (0361) 263859.
6. Dokumen Pendaftaran dibuat rangkap 3 (tiga) terdiri dari 1 (satu) asli dan 2 (dua) fotocopi.
7. Waktu penerimaan pendaftaran dimulai sejak Pengumuman ini di keluarkan sampai dengan tanggal  24 Juni 2017, pukul 08.00 - 16.00 Wita.
8. Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.
 
   

  • 10 Juni 2017
  • Dibaca: 266 Pengunjung

Pengumuman Lainnya

Cari Pengumuman